Visi dan Misi

Pernyataan Visi

      “Terwujudnya UNTAG Cirebon yang mandiri dan berdaya saing”.

Ada 2 hal pengertian yang perlu dipahami terkait dengan visi tersebut diatas, adalah :

  1. Mandiri

Mengingat bahwa ilmu pengetahuan bersifat universal, maka pembelajaran dan inovasi lokal harus mampu mengkombinasi manfaat dari adanya situasi global yang terjadi saat ini sehingga  UNTAG Cirebon dituntut untuk menjadi perguruan tinggi yang mandiri terhadap situasi global tersebut untuk membentuk identitasnya dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat pada skala lokal maupun global. Makna sikap kemandirian, Untag Cirebon mampu bertindak sesuai dengan keadaan tanpa bergantung kepada orang lain dan melakukan sesuatu atas dorongan sendiri sehingga UNTAG Cirebon mampu berfikir, bertindak original ataupun kreatif dan penuh inisiatif serta mampu mempengaruhi lingkungan yang mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.

Terkait dengan hal tersebut maka UNTAG Cirebon harus mampu membangun infrastruktur, kinerja, layanan dan keahlian yang baik yang menekankan kepada penjaminan dan budaya mutu dengan didukung oleh kesadaran civitas akademika dan seluruh warga kampus serta tata kelola universitas yang baik dan bersih.

Selain itu juga, UNTAG Cirebon mandiri terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadikan kegiatan penting yang harus diarahkan untuk meningkatkan kualitas dan  pelayanan bagi kebutuhan masyarakat.

  1. Berdaya saing

Lulusan yang dihasilkan oleh UNTAG Cirebon harus berdaya saing, artinya bahwa lulusan UNTAG Cirebon mampu memahami, memiliki kompetensi dan ahli dibidangnya, melakukan perenungan dan analisis terhadap nilai-nilai yang layak dimasyarakatkan sehingga terampil dalam mengatasi masalah sampai pada substansinya. Disamping itu, UNTAG Cirebon mampu meningkatkan kerjasama, mengembangkan kemitraan dengan dunia usaha, pemerintah dan masyarakat dan berperan mengembangkan solusi bagi permasalahan masyarakat serta dalam perubahan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat sekitarnya. Sehingga UNTAG Cirebon sebagai perguruan tinggi yang berkemampuan untuk berkompetisi.

 

Pernyataan Misi

Misi menjelaskan alasan eksistensi UNTAG Cirebon di tengah-tengah masyarakat. Misi tersebut merupakan penjabaran tri dharma perguruan tinggi yang mencerminkan bagaimana UNTAG Cirebon dapat  berperan untuk memberikan manfaat  bagi para pemangku kepentingan. Rumusan misi UNTAG Cirebon adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik yang memadai, keunggulan kompetitif dan kewirausahaan yang berbasis kearifan.
  2. Menyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.
  3. Menyelenggarakan pengabdian yang berbasis pada hasil pendidikan dan penelitian untuk pemberdayaan masyarakat.
  4. Mengembangkan tata kelola universitas yang mandiri dan berbudaya.
Facebook Comments