Penjaminan Mutu

Secara formal penjaminan mutu di Untag Cirebon mulai dilaksanakan pada akhir tahun 2010 yaitu dengan diterbitkannya SK Rektor nomor: 212/SK/Rek/UNTAG/X/2010 tentang pengangkatan Kepala dan Sekretaris Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Pengawasan Internal (SPI) Untag Cirebon, tetapi saat ini yang telah dilaksanakan adalah kegiatan SPMI dengan menggunakan Standar Operating Prosedur (SOP) sebagai Instrumen Monitoring, pemberlakuan SOP tersebut mulai tanggal 1 September 2010, dengan SK Rektor Nomor: 192/SK/Rek/UNTAG/IX/2010. Implementasi kegiatan monitoring dimulai sekitar bulan Nopember 2010, SPMI melaksanakan monitoring ke tiap Fakultas. Standar SOP sebagai berikut:

  • Tata Kelola Bidang Akademik, terdiri dari 28 prosedur administrasi akademik.
  • Tata Kelola Bidang Sumber Daya Manusia, terdiri dari 6 prosedur administrasi

SDM

  • Tata Kelola Bidang Prasarana dan Sarana, terdiri dari 9 prosedur administrasi Prasarana dan Sarana
  • Tata Kelola Bidang Keuangan, terdiri dari 14 prosedur administrasi keuangan

Dalam setiap prosedur terdapat Tujuan prosedur, Lingkup Penerapan Prosedur, Definisi, Pihak Yang Terlibat, Kriteria dan Standar, Prosedur dan Rekaman.

Sejak Dirjen Dikti menggalakan program penjaminan Mutu Perguruan Tinggi sesuai paradigma baru perguruan tinggi, maka kegiatan tersebut lebih diintensifkan melalui berbagai kegiatan lokakarya penjaminan mutu. Dengan mengirimkan perwakilan dari SPMI untuk mengikuti kegiatan  uji Coba Instrumen Pemetaan Mutu Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, Workshop Pemetaan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi Percontohan, kegiatan Pemetaan Mutu Perguruan Tinggi Percontohan serta Seminar dan Publikasi Hasil Pemetaan Mutu di Perguruan Tinggi Percontohan menunjukan kesungguhan Untag dalam menerapkan Penjaminan Mutu. Instrumen Evaluasi Mutu Internal Perguruan Tinggi (EMI-PT) sebagai alat evaluasi mutu internal perguruan tinggi, Instrumen tersebut bertugas menangani sistem penjaminan mutu untuk melakukan pemantauan dan evaluasi serta memberikan saran-saran perbaikan terhadap kinerja manajemen, baik untuk universitas, fakultas, maupun program studi demi terwujudnya perbaikan dan peningkatan mutu yang berkelanjutan serta membangun budaya mutu.

Sesuai yang tercantum pada Renstra Untag tentang diadakannya lembaga penjaminan mutu maka kegiatan pembinaan, supervisi, dan monitoring di bidang akademik dilaksanakan oleh SPMI dengan tugas sebagai berikut :

  • Merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu pendidikan di Untag.
  • Mengembangkan dan mendorong pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan di Untag.
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan perbaikan mutu pendidikan secara terus menerus.
  • Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan.
Facebook Comments