FPIK UNTAG

Profil Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

DEKAN

Wakil Dekan 1

Wakil Dekan II

Wakil Dekan III

Ketua Program Studi

Sekertaris Program Studi

Kepala Laboratorium

Ir. Sudibyo, M.Si

Sudarto., S.Pi.M.Si

Rachmat Indrianto, S.Pi. M.Si

Dirja, S.Pi,. M.Si

Didha Andini Putri, S.Kel., M.Si

H. Misbar Barin, S.Pi. M.Si

Dewi Nurhayati, S.Pi. M.Si

Program studi PSP adalah program studi yang dimiliki oleh Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan UNTAG CIREBON, Program studi memiliki izin pendirian operasional berdasarkan surat keputusan  dr dikti dengan nomor 485/DIKTI/kep/1995. Dan Program Studi PSP  ini sudah terakreditasi B oleh Ban PT No. 211/SK/BAN-PT/Ak/XVI/S/X/2013 sampai Juni 2018. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dengan Konsentrasi: Penangkapan Ikan & Budidaya Perikanan

Visi

PS-PSP mencetak sumberdaya manusia kompetitif yang dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya perikanan berstandar nasional dalam pengembangan lokal secara berkelanjutan dan berkarakter kewirausahaan pada tahun 2025.

Misi

Misi PS-Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) ialah:

  1. Menyelanggarakan pendidikan ilmu pemanfaatan sumberdaya perikanan yang bermutu, berstrata nasional, terintegrasi, bermoral, mandiri dan bermuatan kewirausahaan.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian di bidang pemanfaatan sumberdaya perikanan yang memberikan sumbangan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan keilmuan serta berdaya guna tinggi.
  3. Memperluas jaringan kerjasama dan kemitraan stakeholder yang mendirikan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pemanfaatan sumberdaya perikanan.
  4. Melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi pemanfaatan sumberdaya perikanan dan mengupayakan penggunaannya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat perikanan dan kelautan.

Tujuan dan Kompetensi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

  • Tujuan Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah, pengetahuan, ketrampilan, dan usaha di bidang perikanan sehingga mampu menyelesaikan masalah terutama dalam bidang pemanfaatan sumberdaya perikanan;
  2. Mampu menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan ilmiah, teknologi dan ketrampilan perikanan yang dimiliki dengan bidang keahlian lain dalam usaha produktif, kreatif, dan inovatif;
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan bermanfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat.
  • Kompetensi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.
  1. Ahli di bidang perikanan dan ilmu kelautan terutama dibidang alat tangkap, modivikasi alat tangkap, budidaya perikanan, bioteknologi perikanan, undang-undang dan hukum laut dan perikanan dan kewirausahaan perikanan baik di sektor lokal , pemerintah maupun sektor swasta.
  2. Mahasiswa memiliki karakter yang unggul dan inovatif, dan mampu berdaya saing, serta mampu menghadapi tantangan globalisasi dunia dan MEA.

fakultas perikanan untag cirebon 2

Mitra Kerjasama

Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Cirebon

DKP3 Kota Cirebon

PS-PSP, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor

PPN Kejawanan, Cirebon

PT Laju Banyu Semesta, Bogor

POKDAKAN Mina Hikmah, Indramayu

Facebook Comments